Minggu, 10 Februari 2013

SpongeBob Merusak Otak Anak!




Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Angeline Lillard, profesor psikologi dari University of Virginia, menyimpulkan bahwa film kartun “SpongeBob SquarePants” dapat mengganggu otak anak. Penelitian itu dilakukan terhadap 60 anak yang dipilih secara acak untuk menonton SpongeBob SquarePants selama 9 menit dan kemudian dilakukan tes fungsi otak terhadap mereka masing-masing. Hasilnya, anak-anak yang menonton SpongeBob SquarePants jauh lebih buruk fungsi otaknya ketimbang mereka yang tak menonton. Hasil penetilitian ini menunjukkan begitu kuatnya efek negatif dari film kartun itu, sehingga langsung menurunkan fungsi kerja otak anak. “Itu baru beberapa
menit saja. Jika anak menonton film kartun itu sampai habis, maka efek negatifnya akan jauh lebih buruk bagi otak anak,” kata Dr Dimitri Christakis, salah seorang ilmuwan anggota riset itu. “Walaupun penelitian ini dilakukan dalam skala kecil, namun hasilnya akurat dan bisa dipertanggung jawabkan,” lanjutnya.
SpongeBob SquarePants hanyalah contoh yang diambil dalam penelitian itu. Namun, pada dasarnya, secara umum semua film kartun yang tidak bernilai pendidikan (hanya hiburan semata) memiliki dampak negatif yang sama bagi anak-. Oleh karena itu, para peneliti berpesan agar orang tua mempertimbangkan hasil penelitian ini dan segera bertindak untuk mengantisipasi agar anaknya tidak menjadi salah satu dari mereka yang menurun fungsi otaknya akibat menonton film kartun. Terlebih di Indonesia! Sebab, di sini SpongeBob SquarePants bukan hanya digemari oleh anak, namun juga sering kali dijadikan media bagi orang tua atau guru untuk menghindarkan anak-anak dari kebosanan saat belajar. Bahkan, tak jarang SpongeBob SquarePants justru dijadikan media bagi mereka untuk mengajari anak-anaknya. Terlepas dari akurat atau tidaknya hasil penelitian itu, setiap orang tua atau guru memang harus selalu menjaga anak-anaknya dari candu film kartun, terlebih film kartun yang tak bernilai pendidikan. 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar